Hukum Bacaan Alif Lam

HUKUM BACAAN ALIF LAM

Dalam ilmu tajwid dikenal hukum bacaan alif lam ( ال ). Hukum bacaan alim lam  ( ال) menyatakan bahwa apabila huruf alim lam ( ال ) bertemu dengan huruf-huruf hijaiyah, maka cara membaca huruf alif lam ( ال ) tersebut terbagi atas dua macam, yaitu alif lam ( ال ) syamsiyah dan alif lam ( ال ) qamariyah

1. Pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah.

“Al” Syamsiyah adalah “Al” atau alif lam mati yang bertemu dengan salah satu huruf syamsiyah dan dibacanya lebur/idghom (bunyi “al’ tidak dibaca).

Huruf-huruf tersebut adalah     ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن

2. Ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah:

a. Dibacanya dileburkan/idghom

b. Ada tanda tasydid/syiddah ( ) di atas huruf yang terletak setelah alif lam mati => الـــّ

Contoh:

وَالشَّمْسِ     يَوْمُ الدِّيْنِ     وَالضُّحَى    

3. Pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah

“Al” Qamariyah adalah “Al” atau alif lam mati yang bertemu dengan salah satu huruf qamariyah dan dibacanya jelas/izhar.

Huruf-huruf tersebut adalah :    ا ب ج ح خ ع غ ف ق ك م و ه ي

4. Ciri-ciri hukum bacaan “Al” Qamariyah:

a. Dibacanya jelas/izhar

b. Ada tanda sukun ( ْ ) di atas huruf alif lam mati => الْ
Contoh:

اَلْهَادِى     وَالْحَمْدُ     بِاْلإِيْمَانِ    

About these ads

28 Komentar

Filed under al-quran

28 responses to “Hukum Bacaan Alif Lam

  1. zzzz

    assalamualaikum wr. wb.
    apa sih maksud khusus dari symsiyah dan qamariyah??
    makasih kalo udah dijawab

    ::Al-Fadhil::
    syamsiah artinya matahari, qamariah itu bulan

    • vina

      knp dnamakan “syamsiyah (matahari)”?
      itu krna, cb lihat matahari, dia ada tapi tidak bisa dilihat, bgtu jg dgn “alif lam”, kita tdk membaca lam’a krn dileburkan ke huruf syamsiyah tersebut.
      sdngkan “qomariyah (bulan)”, bulan itu ada dan bisa kita lihat sama seperti alif lam qomariyah, huruf lam’a dibaca…

  2. Anthi

    Thanks sdah menbantu aq yg tdak mengerti bnar dgn hukum2 bacaan

    ::Al-Fadhil::
    makasih juga udah mau mampir dan beri komentar, smoga manfaat

  3. angapain yah kita musti menger jakan pr gw kan tidak sombong……………………….? mau ditonjok

  4. kenapa g yang lebih lengkap………………………….bisa g yang lebih lengkap??????

  5. dian123456

    Jazakumullah ya atas informasinya, tapi kalau boleh menyarankan tolong ya beri contoh bacaanya juga

  6. mughvira

    kalau tanwin bertemu dengan alif lam qamariyah, gimana baca a n hukum baca a?

  7. Rendy

    Terima kasih ya atas pemberitahuannya karena ini sakarang aku jadi ngerti apa yang dimaksud dengan alif lam syamsiah
    dan alif lam qamariah.

  8. denta ari p

    okok thansk infonya mau ujian ni ckckckkckc

  9. trima kasih dengan ini sya bisa fasih membaca al.quran

  10. arii ajha

    ingin rasanya aku lebih dekat denganmu ya Allah . .

  11. thanx y aku dah ngerti skarang….. :D

  12. terimakasih, jazakumullah khairan

  13. Reyhan_Cinta_Islam

    Tulis juga dong huruf-hurufnya kalau disingkat (supaya gampang hafalnya)

  14. syukron pak…saya jujur susah banget sama yang namanya tajwid…

  15. deryl

    makasih ya….

    saya nyari tentang materi PAI di internet tapi ga ada terus…..

    makaaassiiiiih banget

  16. ail

    punya soal latihan untuk semua ga??(kelas 7 sampe 9)

  17. jazakillah untuk ilmu nya akan lebih baik jika setiap huruf ada contohnya ya

    • ghiina mw tw ajha

      trima kasih tlah adaxa ini,q lbih mdah utk mengerti apa itu al-syamsiah n’ qamariah!!!!!!tpi klo bsa lbih lngkap sperti ada contohxa bserta no surat n’ ayatxa!!!trim’s………

  18. dina

    saya mau dong yg bacaan al syamsiyah tp huruf hijayyahnya tsa’ sama dzal

  19. awang

    bagus,bintang:1000,jempol:1000

  20. trims atas bacaan di atas

  21. Tolong, kasih tau Alif lam Qamariyah di surah al-kafirun

  22. novi

    waw ……………… mengesankan thanks bwat ilmunya////

  23. indah pitaloka

    lmayan bwat ngerjian PR :’(

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s