Kerja keras, Tekun, Ulet dan Teliti

Standar Kompetensi

(Akhlak)

: 11. Membiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensi Dasar : 11.1 Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet, dan teliti

11.2 Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti

11.3 Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti

Indikator : 11.1.1 Menjelaskan arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya

11.1.2 Menjelaskan arti tekun dan menunjukkan dalilnya

11.1.3 Menjelaskan arti ulet dan menunjukkan dalilnya

11.1.4 Menjelaskan arti teliti dan menunjukkan dalilnya

11.2.1 Menyebutkan contoh-contoh perilaku kerja keras

11.2.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku tekun

11.2.3 Menyebutkan contoh-contoh perilaku ulet

11.2.4 Menyebutkan contoh-contoh perilaku teliti

11.3.1 Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan keluarga

11.3.2 Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan sekolah

11.3.3 Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan masyarakat

Materi Ajar:
Perilaku Terpuji (kerja keras, tekun, ulet, dan teliti)

1. Kerja keras, yaitu bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan atau prestasi kemudian disertai dengan berserah diri (tawakkal) kepada Allah SWT baik untuk kepentingan dunia dan akhirat. Firman Allah SWT:

”Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan dimuka bumi Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang2 yang berbuat kerusakan.”. (QS. Al-Qashash: 77).

2. Tekun dan Ulet, melakukan semua pekerjaan dengan rajin, teliti, sabar, hati-hati, dan sungguh-sungguh. Dalam belajar dan menuntut ilmupun kita harus giat dan rajin menekuni apa yang sedang dipelajari. Dengan rajin belajar, dan tekun, kita dapat meraih kesejahteraan hidup, baik di dunia maupun di akhirat. Allah akan merubah keadaan seseorang apabila ia juga berusaha dengan sungguh-sungguh. Firman Allah SWT:

“…Sesungguhnya Allah tidak merobah Keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan[768] yang ada pada diri mereka sendiri….” (QS. Ar-Ra’du: 11).

3. Teliti, cermat dalam setiap melakukan sikap dan perbuatan serta setiap pekerjaan, tidak terburu-buru, namun perlu perhitungan dan pengkajian baik-buruknya. Dalam Al-Qur’an, Allah juga mengajarkan kita agar bersikap teliti sebagaimana firman-Nya:

”Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang Fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS. Al-Hujurat: 6).

About these ads

65 Komentar

Filed under akhlak

65 responses to “Kerja keras, Tekun, Ulet dan Teliti

  1. goodddd???????
    tpi syang,ga”da hadits&arabnya………

  2. helman abadi

    lumayan tpi contoh dri sikapnya mna????????

    • aprisa

      ass,
      masi kenal gug ma saya?
      Iya yach betul juga kata helman gak ada contohnya!
      tapi yang penting dapat di mengartikan?…

      • mardilla

        betul……………………………………………………………………………….
        sekali !
        ya gug?…

      • devi

        yup,,,bener
        gimana pun bahasanya yg penting bs dimengerti,dn jgn lupa diterapkan dlm kehidupan sehari-hari…^___________^
        betul kn?

  3. makasih atas informasinya ya walaupun gak penting…………….

  4. koq nggak dikasih contoh??? qu mau cari contohnya nih…

  5. diah

    krenzzzzzzz….
    krna bntu tugas q….

  6. shanty

    ko ga ada contohnya sih ? aku perlu contohnya … !

  7. aq lg nyari perilaku materi terpuji ulet,,tp bru nmu ini doank…
    aq btuh Lbih bnyak buat mkLah.q bsogh….
    kLo ada yG dPt materi.x,,,tLg britau aq ya….
    lwt FB ja…

  8. tiara kirana

    bagus sihh ..
    cuma itu dia yang saya cari untuk tugas kerja gg da pulak ayat,,dan dalil nya
    maka dari itu…
    balas nya lewat fb ia ….

  9. Waduch….cntoh.na mna nich….

  10. Contoh ny wae..???????????????

  11. Kikie

    smua ini memudh kan aku untuk mngetahi lbh jlas,dn yg trpnting ilmu itu g cma d buku,tpi ilmu dri mn saja dn gampang d cari
    dn tentumua ”BERMANFAAT”

  12. boleh.boleh.boleh…….tp kok gk ada arabnya,.

  13. putri

    kEterangAn kuRang lEngkaP……………………

  14. aylha

    napha nggk da conth na ???

  15. aylha

    napha nggk da conth na ??? krang lngkap gi ???

  16. admin

    silakan lengkapi…….

  17. Syafina Firdaus

    Yups betul bgt.. wajib en kudu d ikutin tipsnya.. 10 jempol deh :)

  18. Nurul

    kok tidak ada contohnya tentang orang orang yang terkenal melalui perbuatan kerjakeras, tekun, ulet, dan teliti?

  19. Nabila

    kok ga ada contoh, sikap, sama penerapannya ? O.o
    buat tugas nii …

  20. nice post !!! ini yg saya cari2

  21. fia

    kenapa gak dalilnya susah banget nyarinya digoogle juga keluarnya gak jelas ih buat kesel

  22. sering tdk jls lbh mencari lebih luang

  23. dita ayu wulanari

    good,tp sayangnya ga ada contoh gambarnya :(

  24. nggak ada ULET.nyya ??

    ., tapii thank’s buat Informasinnya .,

  25. IQBAL

    Kox mboten wnten arabipun???? ,tpi mtrnuwn….

  26. Fauziah Dwi Ziah

    Kurang lengkap nih…. dalilnya nggak ada > manfaatnya juga nggak ada….

  27. assalamua’laikum ..
    isi ny kurang lengkap , contoh ny sedikit ..
    tapi , bagus ko . :)

  28. assalamualaikum…
    bgus sich cmua nya,tp syg gx lengkap,,,
    gx da dalil and cntoh nya,,,
    tp gx pa dech,,,,
    yg pnting ada,,,

  29. saya ingin tau lebih jls apa yang d maksud semua itu

  30. wanda

    bagus… tapi kok banyak bahasa alay yo?

  31. ardiyanto

    saya ingin melihat contoh drama tentang kerja keras,tekun,ulet dan teliti…

  32. istiana hayati

    aq ingin perbanyak pengertian ulet

  33. , ,gieTha, ,

    , ,iH,qhU buTuh c0nt0h’y, , ,aL’y pLajaran PAI g2, ?

    Tyuz pnTinx waT UKK nanTy, , ,

    tPy ea dagH lawH, ,zeaDa’y za, ,xta tRi5 xey gay’s, ,wkwkwk amient, ,

  34. Fikhry chester

    Very good.. ,, ..

  35. yoga

    yesss pr selesai …….

  36. Reblogged this on hasanstephchowdotcom and commented:
    i’m new to comment in wordpress, so i just comment and say “gooooooddddd”

  37. khoerunnisa

    makasih …..
    akhirnya pr selsai juga …

  38. bagus..!! tpi.. ga ada cara untuk membiasakannya..!! (y)

  39. ass
    good !!!
    blognya bagus banget
    tp lebih bagus lagi kalo ada hadistnya dan dalilnya
    ok !!!

  40. Desi

    Makasih ya dah ngebantu tugas q, tp kok gk ada hadis nabinya? Tapi gk papa dch
    Makasi bngt!!

  41. dilan

    seharusnya ditambah dengan contoh contoh nya…karena itu ada di my tugas…….jdi harus cari yg lain dong..

  42. andriana

    tapi makasih..paling gak membantu saya dalam pembelajaran:)ya, kurangnya belum ada contohnya tapi at all sih udah helpful banget!

  43. Isinya artikelnya pada menarik, tapi sayang gan. Tampilannya terlalu rame, alangkah lebih baiknya di bikin simple.

  44. hardiana adhyna

    wahhh , menarik yah , :) disini lengkap dengan dalil nya juga . jadi kalo punya tugas dari sekolah tuh , gampang ajah liat dalilnya :)

  45. yulia dasa putri

    terimaksih atas infonya…
    saya ingin tau untuk karakter bangsa yang sekarang kan lagi bumingkan 18 karakter bangsa, nah salah satunya yaitu kerja keras… tp ada nda yah yang menunjukkan rendahnya perilaku kerja keras untuk anak sekolah dasar contohnya seperti apa. share yah.. mksh

  46. Makasih atas informasinya karena itu bermanfaat bagi anak SMP N 1 Bontang dan seluuruh siswa di indonesia

  47. maafkan akau bila ada salah ya allah………?

  48. Prastyani Ika

    Perbedaan antara tekun dan ulet itu apa???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s